Jurnal Blazer Ring Piston/Ring Seher/Cincin Torak..
Benda kecil ini merupakan salah satu bagian dari "power of the engine"..
Mengapa demikian...?
Apabila benda ini mengalami keausan maka ada 3 hal penting yg akan terjadi :
- Lost compression Waktu langkah kompresi sampai terjadi ledakan pembakaran, ada sebagian hasil pembakaran yg seharusnya full mendorong piston, lolos/bocor diantara ring dan cylinder bore masuk ke crankcase, akibatnya tekanan dalam crankcase menjadi tinggi, Oli ikut Naik ke breather hose, masuk ke TB.. Waspadai kalau breather hose engine banyak uap Oli....
- Sebagaimana hukum Boyle, Ring Piston ini juga berfungsi sebagai seal pada pompa Torak, kalau mengalami keausan, maka daya hisap udara dari intake akan berkurang, sehingga asupan udara untuk pembakaran menjadi minimalis alias tidak maksimum, tentusaja akan mempengaruhi hasil pembakaran dan AFR...
- Ring piston juga seperti cleaning service, bertugas menyapu cipratan Oli pada dinding cylinder..
Untuk engine dengan kompresi rendah, seperti motor bensin, material yg digunakan adalah Cast Iron yg disepuh, agar tahan panas dan tahan gesekan..
Untuk engine compresi tinggi, seperti Diesel engine, material yg digunakan ductile iron, lebih perkasa dari cast iron, sedangkan untuk alat² berat material ring piston dari Steel, jauh lebih hebat lagi dari ductile iron dan cast iron...
Kesimpulannya :
10 chip racing anda tanam di ECU akan sia² kalau ring piston sudah aus...
Apapun yg anda tanam dijalur udara atau fuel, akan sia² kalau ring piston sudah aus...
Pesan moralnya :
Lakukan tes kompresi sebelum menambahkan supplement engine...
Kenali dengan baik seberapa besar power engine anda...
0 komentar:
Post a Comment