Kumpulan artikel mobil Opel / Chevrolet Blazer, Masalah, Tips, Modifikasi, dan Kumpulan artikel Otomotif lainnya

Wednesday 25 June 2014

Cara Mudah Tes Kondisi Aki

Banyak untungnya jika kita tahu cara melihat kondisi performa aki, pengalaman buruk dialami kawan uncle zak, ketika mobilnya tidak kuat stater maka langsung saja menuduh bahwa aki sudah soak, maka dibelilah langsung aki baru NS-70, ternyata setelah dipasang, tetap saja ketika distater tidak kuat. akhir kata, kawan uncle zak pagi itu rugi Rp. 650 ribu. pagi yang buruk buat kawan uncle zak.


Banyak faktor penyebab stater tidak kuat misalnya kabel-kabelnya sudah tua /berkarat menyebabkan arus listrik yang dipasok aki ke dinamo stater berkurang karena ada resistensi/hambatan karat, dinamo staternya dalam masalah, atau relay stater dalam kondisi buruk. Agar jangan sampai salah mengambil keputusan maka ada baiknya para pemilik kendaraan memahami cara mengukur performa aki, untuk itu diperlukan sebuah alat yang paling mahal sampai yang paling murah.
Alat untuk mengukur performa aki yang paling bisa dihandalakan dalam bahasa uncle sam adalah
load tester battery yang berwujud seperti dibawah ini :




Cara kerja load tester adalah simulasi pembebanan dengan mengggunakan sebuah resistor atau variabel resistor tergantung kebutuhan,. contoh simulasi 1000 amper maka sebuah resisitor senilai 0,012 ohm
angka nilai resistor didapat dari 12 volt dibagi 1000 amper = 0,012 ohm. sedangkan rangkaian intinya seperti pada gambar dibawah ini.


Cara kerja alat load tester sangat sederhana, setelah seluruh kabel terhubung ke terminal positip dan negatip aki,
  • switch alat di tekan dalam hitungan 2-3 detik: jika voltase aki terbaca pada area 9,3 s/d 11,5 volt pertanda aki dalam keadaan bagus ( 11-11,5 volt sangat bagus, 10-10,9 volt bagus, 9,3-9,9 volt sedang )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.



sedangkan contoh diatas load tester tanpa volt meter cara kerjanya sebagai berikut : misalkan akan menguji aki 65 ampere maka jarum load tester harus menunjukan pada skala hijau area aki 65 amper jika ,jarum jatuh pada area hijau pertanda aki bagus, jika jarum menunjukan pada area merah atau kuning pertanda aki buruk

Metode Test kondisi performa aki Model Uncle zak 

mengingat harga load tester model seperti gambar yang paling atas relatip mahal biasanya hanya bengkel-bengkel besar yang memiliki uncle zak punya solusi murah, efektip efisien dan ekonomis untuk mengukur kondisi performa aki. melalui  hasil riset dan pengujian beberapa aki yang diuji ke mobil uncle zak chevrolet tahun 1984 mesin diesel hasil nyaris mendekati dengan angka-angka seperti diatas

Alat yang diperluan dan wajib adalah :
voltmeter digital seharga Rp. 40.000,-

cara pasangnya capit buaya bisa langsung terhubung ke terminal aki positip dan negatip jika pengujiannya didalam kabin mobil cari jalur kabel  positip sedangkan negatipnya body mobil. untuk yang model socket cigarette lighter langsung konek ke rumah soket cigarette lighter maka akan langsung terbaca voltmeternya.

Cara Test 

Pada saat kunci kotak di stater perhatikan angka voltagenya seberapa besar angka voltmeternya 
jika voltase aki terbaca pada area
  • 11-11,5 volt  kodisi aki sangat bagus, 
  • 10-10,9 volt kodisi aki : bagus.
  • 9,3-9,9 volt kondisi aki  sedang (diperlukan pengecasan selama 12 jam agar kembali seperti baru )
  • jika voltase aki meluncur ke bawah  pada area 5 s/d 9,2 volt pertanda aki kondisi sudah sangat buruk.
buat yang sudah punya voltmeter seperti pada gambar dibawah ini hanya tinggal amati angka voltmeter saja seperti angka-angka diatas.



Ilustrasi modelnya seperti pada rangkaian dibawah ini : kunci kontak sebagai switch dan resistornya adalah dinamo staternya  sedangkan voltmeter sebagai alat bantu untuk mengukur seberapa bagus kondisi aki.


Semoga info ini dapat membantu dan berhemat sumber daya keuangan...

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment