Kumpulan artikel mobil Opel / Chevrolet Blazer, Masalah, Tips, Modifikasi, dan Kumpulan artikel Otomotif lainnya

Wednesday 24 December 2014

Cara Mengatasi Kerusakan pada lampu HID

Memang menyebalkan apabila HID yg terpasang di kendaraan anda tiba-tiba tidak menyala, dan lbh menjengkelkan apabila bengkel instalasi HID menyarankan untuk mengganti keseluruhan HID set itu,padahal kerusakan hanya terjadi pada salah satu unit saja. Bukan keseluruhan unit.
jenis analisa kerusakan

  1. KABEL SET adalah wiring yg mengalirkan arus dari terminal aki ke terminal ballast, dalan kabel set berisi soket terminal aki, soket sekering, relay, dan terminal ballast
  • cek tegangan pada aki anda tegangan dibawah 12 volt HID tidak akan menyala dengan sempurna, (kedip-kedip). apabila anda tidak punya voltmeter cara ngejek tegangan aki paling gampang adalah gunakan stater elektik untuk menyalakan kendaraan, apabila skali pencet elektrik stater dan kendaraan anda langsung nyala berarti kelistikan tidak ada masalah.
  • soket kabel set HID yg menuju kepala aki putus atau berkerak ( ada kotoran2 di ujung terminal aki)
  • coba cek sekering pada kabel set HID, kebanyakan kerusakan HID terjadi pada sekering yg putus, sekering putus bisa karena penggunaan tipe skering yg dibawah spesifikasi HID, kabel set kejepit sehingga konslet atau jeroan ballast konslet. sekering HID 35w normalnya adalah 15A sedangkan untuk kabel set mobil pake yang 25A
  • soket HI/LO kabel set HID yang menuju ke HI/LO kabel body putus atau belum terpasang, cara ngecek paling gampang adalah mainkan saklar HI/LO pada kendarran anda. pada bulb tipe HI/LO maka akan bekerja naik turun.
  • apabila anda punya voltmeter silahkan cek ujung kabel set yang menuju ke Ballast, dalam keadaan saklar lampu ON, maka seharusnya menunjukan tegangan >12 volt. apabila tegangan tidak keluar atau dibawah 12v maka kabel set wajib diganti. dan bila voltase normal maka cek bagian berikutnya yaitu ballast.
      2. Ballast adalah unit yang berfungsi sebagai penaik tegangan dari aki menuju Bulb, tegangan aki           12 v akan dinaikan menjadi 15KV selama 3 detik dan berangsur-angsur turun ke 75volt
  • cabut kabel dari Ballast ke Bulb, apabila ballast normal sewaktu saklar lampu dinyalakan maka akan terlihat loncatan listrik di terminal ballast ke bulb (seperti loncatan stater kompor gas).
  • cek terminal ballast ke bulb, coba ditarik-tarik karena seringkali soketnya putus. solusinya ganti baru atau solder ulang (tidak disarankan karena rawan terjadi kebocoran listrik tegangan tinggi yg berbahaya bagi anda dan kelistrikan kendaraan)

Apabila ballast normal (keluar busur listrik dan bunyi “cret”) maka cek bagian terakhir yaitu Bulb.
        3. Bulb adalah bola lampu berisi gas Xenon yang dapat berpendar apabila terkena tegangan dari              ballast. kerusakan utama bulb adalah.
  •  Soket bulb putus karena tertarik waktu instalasi atau pemasangan yg tidak benar.
  • Gas Xenon telah musnah, sehingga tidak dpt berpendar lagi. ditandai dengan warna bola lampu HID yang berwarna kehitam-hitaman seperti gosong....
 HID installation diagram

Format Doc Yang Mau Download Klik Disini
Sumber Toko Hid.com

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 komentar: