Kenapa sih transmisi Blazer harus memakai oli ATF Dexron IID + additive? Padahal transmisi Blazer kan manual, bukan matic...?
Setiap pabrikan otomotif dalam membuat komponen, pastinya punya specification yg berbeda beda, termasuk juga oli transmisi atau oli mesin yg direkomendasikan oleh pabrikan yg membuat mobil...
Transmisi Blazer manual menggunakan type T5, sama dengan Mustang, hanya beda gear ratio sesuai dengan kapasitas engine powernya...
Kenapa pakai oli matic pelumas transmisinya?
Oil clearance pada transmisi Blazer sangat sempit, lubang lubang oli di main Shaft juga sempit, material dari synchronizer juga berbeda, tahan gesek pada putaran tinggi, sehingga diperlukan oli transmisi yg encer dan tahan panas pada putaran tinggi... Nah spec oli yg cocok adalah ATF Dexron IID + additive (Lubrisol)...
ATF Dexron digunakan pada mobil GM sejak 1937 baru di tahun 1973 GM release ATF Dexron II dan 2016 direlease ATF Dexron II K untuk manual transmisinya.
Untuk mobil terbaru GM yg front drive, Transaxlenya sudah menggunakan ATF Dexron VI... Yg terbaru di 2018 Dexron HP dan Dexron ULV....Dexron sendiri adalah standard mutu GM untuk oli ATF sejak 1967 dengan spesifikasi dan pengujian yg cukup panjang...
GM Indonesia pernah mengeluarkan Opel Oil untuk transmisi dengan Spec Dexron IID + additive yg isinya dibuat oleh Pertamina (keren ya produk anak bangsa)...
Itu sebabnya kenapa sering ada kasus transmisi macet karena salah oli...
Note :
Chevrolet Trooper, Chevrolet Luv, Transmisinya menggunakan SAE 40, jika diisi SAE 90 kasusnya macet juga... (Japanese car ga pakai ATF Dexron IID)..
Semoga membantu, Selamat malam.
0 komentar:
Post a Comment