Kumpulan artikel mobil Opel / Chevrolet Blazer, Masalah, Tips, Modifikasi, dan Kumpulan artikel Otomotif lainnya

Sunday 13 October 2019

Cara Analisis Troubleshooting Blazer Mogok

Troubleshooting  Blazer Mogok



Ketika Blazer kita mogok, susah hidup, mbrebet, sinjal, rpm tinggi atau hunting, overheat dll,.. Disitu kadang kita panik...
Kadangkala hanya soket Koil ga konek, fuse putus, kabel kendor, yg diganti macem² yg hasilnya tetap, tidak normal...

Tip dan trik
  1. Pertama melokalisir penyebab mogok, ga mau hidup atau engine mbrebet, sinjal/pincang Lakukan pengecekan dari yg paling mudah dulu, jangan asal menduga duga, 
  • Cek Fuel line dan api dibusi, tentukan kasus diatas penyebabnya dari Fuel atau pengapian. Jika penyebabnya adalah Fuel, cek di pentil rail injector, nyemprot ga, jumper kabel Fuel line ke negatif aki atau engine atau body.
  • Cek soket kabel fuel dekat blower AC, jika oke semua masih ga nyemprot di pentil Fuel rail, baru cek Fuel pump, 
  • Jika engine mbrebet atau sinjal ditenggarai dari injector, cek fuse No. 5 dan 11, baru cek soket kabel.. dan Injector nya,
  •  Jika penyebabnya dari pengapian, yg pertama dilakukan adalah cek api di ke 4 businya, jangan dulu ganti yg belum pasti,
  • Jika tidak ada api samasekali cek fuse No. 24, cek soket ckp, cek soket KoilJika nyala hanya 2 (dua) busi dapat dipastikan ICM bermasalah
  • Jika engine sinjal/pincang, mbrebet satu busi ga ada apinya, cek businya, kabelnya dan Koil..
  • Satu hal lagi yg pernah dialami Pektey, engine mbrebet, sinjal, penyebabnya adalah sambungan kabel dan soket Koil akibat Koil dipindahkan keatas...
2. Kedua
Perhatikan panel instrument, jika lampu engine nyala, jangan sungkan untuk mengecek DTC.. Karena lampu engine nyala penyebabnya adalah sensor yg error, ga boleh asal ganti sensor sebelum cek DTC..
Cek DTC untuk melokalisir sensor mana yg error, itupun harus dicek lagi kerusakan dari sensor atau kabel sudah getas atau pin soketnya ga konek..

3.Ketiga
Electrical Blazer adalah negatif system, perhatikan semua kabel kabel Ground baik Ground engine maupun Ground body... Jika perlu direkondisi...
Jangan sampai kabel dikepala aki kendor ganti dinamo starter...

4. Keempat
Jika mengalami engine sinjal/pincang, mbrebet ditenggarai dari daleman engine, jangan sungkan sungkan untuk cek kompresi..
Dari hasil cek kompresi dapat diketahui, paking sobek diantara dua cylinder, jadi ngempos ga ada tenaga, atau temperatur tinggi karena kompresinya masuk ke jalur air, atau airnya masuk keruang bakar dan muncrat air dari knalpot...

5. Kelima
Jika kasus yg menyangkut sensor sensor tidak dapat diatasi secara normal, penyebabnya adalah ECU, daleman ECU adalah komponen Electronic yg mempunyai umur dan masa pakai, kadang dia lelah, jadi gosong, putus, retak solderannya dll...

Pesan moralnya :
Jangan asal ganti komponen sebelum yakin

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment