Kumpulan artikel mobil Opel / Chevrolet Blazer, Masalah, Tips, Modifikasi, dan Kumpulan artikel Otomotif lainnya

Tuesday 21 April 2020

CARA MERAWAT MOBIL DIESEL


Populasi dan peminat mesin diesel terus bertambah dalam beberapa tahun terakhir namun tidak sedikit yang mengetahui cara merawat mobil mesin diesel. Dahulu mesin diesel hanya digunakan di kendaraan besar dan berat seperti truk, bus dan kendaraan proyek karena karakteristik mesin diesel yang memiliki torsi yang sangat besar.

Tetapi, saat ini mobil mesin diesel mengusung teknologi modern dengan sistem pembakaran yang lebih efisien, seperti teknologi common rail direct injection. Sehingga mesin diesel sudah banyak diaplikasikan di kendaraan komersial dan cara merawat mobil mesin diesel-pun menjadi lebih mudah.

CARA MERAWAT MOBIL DIESEL
Namun pastinya pemilik mobil diesel juga perlu memperhatikan mobilnya agar tetap awet dan nyaman untuk digunakan pada setiap kondisi medan yang berbeda. Perawatan dengan seksama harus dilakukan agar performa mesin diesel tetap optimal setiap saat. Nah berikut ini tips merawat mobil mesin diesel yang mudah dan dapat dilakukan sendiri.

1.       Panaskan mesin
Merawat mobil bensin dan merawat mobil diesel tidak bisa disamakan begitu saja. Perbedaan yang mencolok adalah tidak adanya komponen busi pada mesin diesel. Oleh karena itu mobil mesin diesel membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanaskan mesin ke suhu yang optimal, berbeda dengan mobil bensin yang hanya membutuhkan waktu yang sebentar.
Dibutuhkan waktu, tekanan udara dan suhu mesin yang tepat agar mesin diesel bekerja normal. Walaupun mesin mobil diesel sekarang sudah dibekali dengan teknologi yang canggih, tidak ada salahnya untuk merawat mobil diesel dengan memanaskan mobil 2-4 menit sebelum digunakan.

Merawat mobil mesin diesel hampir serupa dengan mobil pada umumnya. Sahabat harus memastikan bahwa selalu menggunakan oli mobil yang baik dan sesuai dengan rekomendasinya. Hindari menggunakan oli yang tidak sesuai rekomendasi dan abal-abal. Lakukan penggantian oli setidaknya setiap 5.000 km jika mobil kamu digunakan sehari-hari.
Jika mobil kamu jarang dipakai kamu boleh melakukan penggantian oli setiap 10.000 km. Tetapi tidak ada salahnya bukan merawat mobil mesin diesel dengan cara mengganti oli berkala? Lebih baik menggantinya sebelum waktu yang ditentukan karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Mesin mobil diesel yang sekarang berbeda dengan mesin diesel pada zaman dahulu sehingga membutuhkan solar yang lebih baik ketimbang dengan solar biasa. Cara merawat mobil mesin diesel lainnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.
Saat ini banyak solar yang sudah mengandung sulfur yang rendah seperti biosolar dan dexlite, sehingga mesin-mesin diesel sekarang tidak lagi mengeluarkan asap hitam tebal yang mengganggu lagi. Oleh karena itu, gunakan bahan bakar yang memang sesuai dengan mesin sehingga usia pakai mesin lebih tahan lama.

4.       Lakukan water sedimenter
Bahan bakar berjenis solar mengandung air di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti filter bahan bakar yang berfungsi untuk menyaring antara solar dan air tentunya. Biasanya filter solar modern yang ada pada mobil mesin diesel sudah dilengkapi dengan water sedimenter.
Alat ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. Apabila indikator bahan bakar menyala maka itu menandakan kandungan air pada water sedimenter sudah maksimal dan harus segera dibuang.

Semua mobil tentunya tidak boleh dibiarkan tangki bensinnya kosong hingga benar-benar kering. Jika pada mesin bensin, kamu tinggal mengisi tangki dengan bensin mobil akan langsung menyala, berbeda dengan mobil mesin diesel yang akan sangat sulit untuk dinyalakan. Oleh karena itu dianjurkan cara merawat mobil mesin diesel yang paling mudah adalah jangan biarkan indikator bensin kosong, segeralah mencari SPBU terdekat untuk mengisinya kembali.

Mitos jangan mematikan mobil mesin diesel sesaat setelah digunakan adalah mitos yang salah. Mungkin untuk mobil diesel jaman dahulu dimana turbocharger mesin diesel masih menggunakan bearing yang memuai saat panas, prosedur jangan mematikan mesin mobil langsung memang benar.
Namun, turbocharger mobil diesel saat ini sudah dibekali teknologi canggih dan teknologi material yang lebih baik sehingga kamu diperbolehkan mematikan mesin diesel secara langsung walaupun telah berkendara ratusan kilometer tanpa berhenti.

Karena mobil mesin diesel tidak menggunakan busi melainkan menggunakan injektor, Sahabat harus rajin untuk membersihkan salah satu komponen ini secara rutin. Proses pembersihan injektor mesin diesel dikenal dengan nama purging, dimana metode ini paling ampuh untuk membersihkan injektor diesel karena mem-by pass cairan pembersih ke injektor via jalur filter bahan bakar. Cairan yang digunakan pun bersifat konsentrat tinggi sehingga efektif untuk mengikis kotoran.

Penggantian filter udara pada mobil mesin diesel sama dengan penggantian filter udara pada mesin bensin. Filter udara harus secara rutin diganti setiap 10.000 km. Jika filter udara dibiarkan kotor, makan akan menyebabkan masuknya kotoran yang dapat menghambat pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.
Fungsi filter BBM mobil mesin diesel sangat penting untuk menjaga agar mesin diesel tetap mampu bekerja dengan baik. Cara paling efektif cara merawat mesin diesel adalah dengan menggantinya secara rutin.

Indikator penggantian ada di panel instrumen. Jika nyala kedip-kedip, artinya endapan air sudah banyak. Jika nyala terus, artinya filter solar harus diganti karena sudah mulai mampat. Untuk yang di dalam tangki hanya saat terjadi masalah, seperti tersumbat. Dekatnya waktu penggantian berkaitan dengan sistem common-rail yang lebih rumit dan kompleks. Tapi yang tak kalah penting adalah gunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil mesin diesel.

Nah bagaimana Sahabat jurnal Blazer, sudah paham kan bagaimana cara merawat mobil mesin diesel, jangan lupa selalu jaga kesehatan mobil kamu ya. Bagaimanapun juga mobil harus mendapatkan perawatan layaknya manusia, jika tidak dirawat mobil akan cepat rusak.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment