Populasi dan peminat mesin diesel terus bertambah dalam
beberapa tahun terakhir namun tidak sedikit yang mengetahui cara merawat mobil
mesin diesel. Dahulu mesin diesel hanya digunakan di kendaraan besar dan berat
seperti truk, bus dan kendaraan proyek karena karakteristik mesin diesel yang
memiliki torsi yang sangat besar.
Tetapi, saat ini mobil mesin diesel mengusung teknologi
modern dengan sistem pembakaran yang lebih efisien, seperti teknologi common
rail direct injection. Sehingga mesin diesel sudah banyak diaplikasikan di
kendaraan komersial dan cara merawat mobil mesin diesel-pun menjadi lebih
mudah.
Namun pastinya pemilik mobil diesel juga perlu memperhatikan
mobilnya agar tetap awet dan nyaman untuk digunakan pada setiap kondisi medan
yang berbeda. Perawatan dengan seksama harus dilakukan agar performa mesin diesel
tetap optimal setiap saat. Nah berikut ini tips merawat mobil mesin diesel yang
mudah dan dapat dilakukan sendiri.
Merawat mobil
bensin dan merawat mobil diesel tidak bisa disamakan begitu saja. Perbedaan
yang mencolok adalah tidak adanya komponen busi pada mesin diesel. Oleh karena
itu mobil mesin diesel membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanaskan mesin
ke suhu yang optimal, berbeda dengan mobil bensin yang hanya membutuhkan waktu
yang sebentar.
Dibutuhkan
waktu, tekanan udara dan suhu mesin yang tepat agar mesin diesel bekerja
normal. Walaupun mesin mobil diesel sekarang sudah dibekali dengan teknologi
yang canggih, tidak ada salahnya untuk merawat mobil diesel dengan memanaskan
mobil 2-4 menit sebelum digunakan.
Merawat mobil
mesin diesel hampir serupa dengan mobil pada umumnya. Sahabat harus memastikan
bahwa selalu menggunakan oli mobil yang baik dan sesuai dengan rekomendasinya.
Hindari menggunakan oli yang tidak sesuai rekomendasi dan abal-abal. Lakukan
penggantian oli setidaknya setiap 5.000 km jika mobil kamu digunakan
sehari-hari.
Jika
mobil kamu jarang dipakai kamu boleh melakukan penggantian oli setiap 10.000
km. Tetapi tidak ada salahnya bukan merawat mobil mesin diesel dengan cara mengganti
oli berkala? Lebih baik menggantinya sebelum waktu yang ditentukan karena lebih
baik mencegah daripada mengobati.
Mesin mobil diesel yang sekarang berbeda
dengan mesin diesel pada zaman dahulu sehingga membutuhkan solar yang lebih
baik ketimbang dengan solar biasa. Cara merawat mobil mesin diesel lainnya
adalah dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.
Saat
ini banyak solar yang sudah mengandung sulfur yang rendah seperti biosolar dan
dexlite, sehingga mesin-mesin diesel sekarang tidak lagi mengeluarkan asap
hitam tebal yang mengganggu lagi. Oleh karena itu, gunakan bahan bakar yang
memang sesuai dengan mesin sehingga usia pakai mesin lebih tahan lama.
Bahan bakar
berjenis solar mengandung air di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting
untuk mengganti filter bahan bakar yang berfungsi untuk menyaring antara solar
dan air tentunya. Biasanya filter solar modern yang ada pada mobil mesin diesel
sudah dilengkapi dengan water sedimenter.
Alat
ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin
diesel. Apabila indikator bahan bakar menyala maka itu menandakan kandungan air
pada water sedimenter sudah maksimal dan harus segera dibuang.
Semua mobil
tentunya tidak boleh dibiarkan tangki bensinnya kosong hingga benar-benar
kering. Jika pada mesin bensin, kamu tinggal mengisi tangki dengan bensin mobil
akan langsung menyala, berbeda dengan mobil mesin diesel yang akan sangat sulit
untuk dinyalakan. Oleh karena itu dianjurkan cara merawat mobil mesin diesel
yang paling mudah adalah jangan biarkan indikator bensin kosong, segeralah
mencari SPBU terdekat untuk mengisinya kembali.
Mitos jangan
mematikan mobil mesin diesel sesaat setelah digunakan adalah mitos yang salah.
Mungkin untuk mobil diesel jaman dahulu dimana turbocharger mesin diesel masih
menggunakan bearing yang memuai saat panas, prosedur jangan mematikan mesin
mobil langsung memang benar.
Namun,
turbocharger mobil diesel saat ini sudah dibekali teknologi canggih dan
teknologi material yang lebih baik sehingga kamu diperbolehkan mematikan mesin
diesel secara langsung walaupun telah berkendara ratusan kilometer tanpa
berhenti.
Karena mobil
mesin diesel tidak menggunakan busi melainkan menggunakan injektor, Sahabat
harus rajin untuk membersihkan salah satu komponen ini secara rutin. Proses
pembersihan injektor mesin diesel dikenal dengan nama purging, dimana metode
ini paling ampuh untuk membersihkan injektor diesel karena mem-by pass cairan
pembersih ke injektor via jalur filter bahan bakar. Cairan yang digunakan pun
bersifat konsentrat tinggi sehingga efektif untuk mengikis kotoran.
Penggantian filter udara pada mobil mesin
diesel sama dengan penggantian filter udara pada mesin bensin. Filter udara
harus secara rutin diganti setiap 10.000 km. Jika filter udara dibiarkan kotor,
makan akan menyebabkan masuknya kotoran yang dapat menghambat pasokan bahan
bakar ke dalam ruang pembakaran.
Fungsi filter BBM mobil mesin diesel sangat
penting untuk menjaga agar mesin diesel tetap mampu bekerja dengan baik. Cara
paling efektif cara merawat mesin diesel adalah dengan menggantinya secara
rutin.
Indikator
penggantian ada di panel instrumen. Jika nyala kedip-kedip, artinya endapan air
sudah banyak. Jika nyala terus, artinya filter solar harus diganti karena sudah
mulai mampat. Untuk yang di dalam tangki hanya saat terjadi masalah, seperti
tersumbat. Dekatnya waktu penggantian berkaitan dengan sistem common-rail yang
lebih rumit dan kompleks. Tapi yang tak kalah penting adalah gunakan bahan
bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil mesin diesel.
Nah bagaimana Sahabat jurnal Blazer, sudah
paham kan bagaimana cara merawat mobil mesin diesel, jangan lupa selalu jaga
kesehatan mobil kamu ya. Bagaimanapun juga mobil harus mendapatkan perawatan
layaknya manusia, jika tidak dirawat mobil akan cepat rusak.
0 komentar:
Post a Comment