Bagi-bagi ilmu kali ini mengenai kompresi mesin mobil, jadi penting banget nih kita tahu kompresinya biar ga terjadi saat mobil jalan tapi tenaga kempos. Sok siapin kopi sama pisang gorengnya sambil nyimak ilmu baru nih mengenai cara cek kompresi mesin mobil Blazer.
Kompresi pada engine bensin maupun diesel adalah sumber utama dari engine power, bila kompresinya lemah, dapat dipastikan mobil anda akan kehilangan tenaga dalam kondisi apapun.
Lakukan tes kompresi pada waktu tune up, untuk mengetahui tinggal berapa % lagi power engine anda yg masih tersisa.!
Ukur lebih dulu kompresi awal mesin pakai compression tester. Nantinya, angka ini menjadi patokan buat melihat terjadinya keausan atau tidak. Setelah diukur, misalnya kompresi mesin menunjukan angka 120 psi.(test kering)
Sekarang lanjut lagi ke langkah berikutnya. Masukan oli melalui derat lubang busi di kepala silinder.tak perlu banyak-banyak. Karena fungsi oli ini hanya untuk menutup celah-celah longgar diantara ring piston yang terdiri dari ring kompresi dan ring oli itu dengan linner. Dengan tertutupnya celah, maka tekanan alias kompresi menjadi padat.(test basah)
Setelah oli dimasukkan, start engine selama 30 detik agar oli menutup celah ring piston (ring gap),kini ukur kembali kompresi pakai compression tester. Setelah dapat angka terbaru, bandingkan dengan kompresi awal sebelum diberikan oli. Naik atau tetap sama.
Jika angka dari compression tester beranjak naik, itu artinya ada keausan di ring piston. Sebaiknya ganti dengan ring baru dengan catatan piston dalam keadaan baik.
Note : bila selisih test kering dan basah 15 psi, kebocoran dari valve sitting, solusi, skir klep.
Bila selisihnya diatas 30 psi, kebocoran kompresi dari ring piston, solusi, ganti ring piston.
Sebenarnya alat ini ada dalam setiap langkah tune up, tapi kadang mekanik atau bengkelnya ga ngasi layanan ini entah karena ribet atau mungkin karena pelanggannya kadang ketakutan juga harus nguras isi dompet dan jatah asap dapur.
Alat ini sebenarnya bisa dibuat sendiri menggunakan meteran untuk tekanan angin, yang penting ulirnya sama dengan ulir busi mobil Blazer.
kode busi untuk blazer :
FR 8 LDC
F= M14 X 1.25 mm, Thread size 16 mm
R= Resistor
8= Heat Range
L= 19 mm Thread reach
D= Two ground celectrodes
C= Cooper Electrode..
Jadi belinya yg M14 X 1.25 mm Tread size 16 mm.
Cara pakai alat ini jangan start mesin cukup didorong saja sambil dimasukan gigi.
Sumber : Postingan om Baracuda di Forum Blazer Indonesia
0 komentar:
Post a Comment