Kumpulan artikel mobil Opel / Chevrolet Blazer, Masalah, Tips, Modifikasi, dan Kumpulan artikel Otomotif lainnya

Thursday, 19 June 2014

Mengenal Filter Oli

Tugas penting penyaring ada di bagian mesin yakni filter oli. Pelumasan mesin yang menjadi kunci utama daya tahan mesin sangat membutuhkan penyaring berkualitas bagus.Bisa dibayangkan pelumas yang 'jalan-jalan' dari bak penampung alias karter oli hingga ke dinding piston, pastinya membawa kotoran seperti deposit sisa pembakaran hingga partikel logam mesin yang ikut terbawa ke karter oli. Oli yang memiliki suhu tinggi saat mesin bekerja juga memberikan kontribusi endapan kotoran. Tak heran bila filter oli hanya memiliki masa pakai 10.000 km atau 500 jam kerja....Lewat dari itu, kemampuan filter oli tak bisa diandalkan lagi karena kotoran yang berhasil disaring sudah terlalu banyak. 


Kemampuan menyaring pelumas sangat ditentukan dari besarnya elemen penyaring. Semakin besar mesin dan pemakaian oli yang dikonsumsi, biasanya filter oli juga berdimensi besar. Sebaliknya bila pelumas yang digunakan hanya sedikit, besar filter oli juga kecil. 

Filter oli mempunyai bagian2 yang terdiri dari metal end gap, spiral centre tub, pleated paper & adhesive. Bagian penting dari filter oli adalah kertas filter/penyaring…!!! Mesin menggunakan sistem pelumasan bertekanan untuk mendistribusikan oli ke bagian yang bergerak. Yang ini adalah tugasnya pompa oli. Pompa oli dapat menghasilkan tekanan hingga 500 Psi sedangkan mesin hanya butuh 40-60 Psi untuk proses pelumasan & dapat meningkat menjadi 80-100 Psi untuk pendinginan. 

Masalah-masalah yang muncul pada filter oli adalah
  • Excessive sludge, hal ini diakibatkan oleh kotoran yang tertahan sehingga menyebabkan tersumbatnya filter oli, bahan tambahan oli (detergent/aditif) dapat menyebabkan kotoran mesin terkuras & melekat pada filter oli.
  • Pembengkakan pada filter oli, filter oli didesain tahan menahan tekanan hingga 5 kali daripada tekanan normal pada sistem pelumasan. Pembengkakan terjadi karena pressure regulating valve tidak berfungsi sehingga filter menggelembung.
  • Exploded filters, filter meledak karena terbaliknya pemasangan saluran kembali oli ke dan dari filter ke housing.
  • Collapsed filters, filter terlipat karena tersumbatnya media oleh kotoran atau tidak berfungsinya by-pass valve. Ketika ingin mengganti filter oli, jangan lupa oleskan oli pada packing filter oli yang baru. Pastikan kondisi seal packing filter oli dalam kondisi baik (tidak putus, tidak melejit ato bergeser)
Semoga Bermanfaat .......

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment